PENGAMATAN KATAK, KEBUN RAYA UNMUL SAMARINDA
imageRead.php

Pada Sabtu, 24 – 25 September 2011 kami dari MAPFLOFA masih diberikan kesempatan untuk menuntut ilmu dari alam. Pada Saat ini kami diberikan kesempatan untuk melakukan pengidentifikasian jenis katak yang ada di Kebun Raya Unmul Samarinda Kalimantan Timur. Kegiatan ini kami laksanakan untuk menambah pengetahuan kami dari anggota beserta memberikan sedikit dan banyak nya ilmu kepada Mahasiswa Baru Fakultas Kehutanan Unmul Tahun 2011. Adapun dari kegiatan ini kami dapat menemukan beberapa jenis katak yang teridentifikasi, adalah sebagai berikut:

a3d24abc13c48f46611ce953b62dd1631. Rana erythraea ,Deskripsi: Kecil dengan ukuran sedang katak dengan belakang yang panjang, berotot dan mulut yang panjang meruncing. Memiliki selaput dan tidak memiliki selaput pada ujung jari, ujung jari kaki dan jari-jari yang luas dan bulat. Gendang telinganya menonjol. Kulitnya lembut, meskipun ada punggung yang rendah dan lebar disetiap sisi belakang. Jenis ini berwarna hijau gelap di puncak kepala, bawah, belakang, dan samping. Terdapat garis kuning lebar dari belakang mata dibagian akhir badan pada setiap bagian. Bibir atasnya putih dan garis putih yang bergabung di atas lubang lengan dan sepanjang bagian bawah samping. Lapisan atas anggotan tubuh yang coklat cerah dengan tanda gelap. Bagian bawah nya seperti putih mutiara kadang-kadang berbintik sedikit gelap ke arah tepi luar.

Kebiasaan dan tempat tinggal: Berada disekitar air segar seperti irigasi, parit dan khususnya sawah yang tergenang. Mereka sangat waspada dan susah untuk mencari di malam hari. Jantan hidupnya tidak berkelompok, tapi masih berada pada lokasi yang dekat sedangkan betina sering dilihat di sekitarnya. Mereka biasanya bertengger di rumput/buluh. Rana erythraea memakan invertebrata kecil, seperti kaki seribu, semut.

Sumber (Robert F. Inger dan Robert B. Stuebing)

LspBakoNP30Nov20112.Bufo divergens, seekor katak dengan perut yang cukup kecil, dengan banyak bintik di bagian belakang dan samping. mulutnya sempit dan berstruktur. Terdapat sepasang garis sempit, di atas dan diantara matanya. gendang telinganya berfungsi. Kelenjer peratoid dibelakang mata dengan bentuk lebih panjang. Tidak ada jari-jari kaki yang berselaput. Warna umumnya adalah coklat kemerahan, terkadang ada yang hitam dengan corak di belakang.

Kebiasaan atau tempat tinggal: katak ini terdapat di daun yang basah. Mereka biasa ditemukan di hutan sekunder tua dengan batas 100 meter dpl. berkembang biak dengan sangat susah, biasa di aliran kecil sungai dan genangan air bekas hujan di hutan. Katak jantan biasanya membentuk kelompok, kecebong dari telur-telur diletakkan di sungai kecil yang biasanya ditmukan sangat lemah.

Sumber (Robert F. Inger dan Robert B. Stuebing)

Sekian dan Terimakasih

salam

by MAPFLOFA

Follow us: facebooktwittergoogle_plus
Berbagi artikel: facebooktwittergoogle_pluspinterestlinkedintumblrmail

About

1 comment Categories: Fauna

One thought on “PENGAMATAN KATAK, KEBUN RAYA UNMUL SAMARINDA

  1. Mantap,,,,maaf aku belum sempat ekspos tulisanku,,masih sibuk dengan duniaku,,,Mapflofa tercinta I love you……..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 4 = 5

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>